Peningkatan Kualitas dan Profesionalitas Bendahara Pengeluaran

E-mail Cetak PDF

Bogor, litbangdiklatkumdil.net - Senin, 17 Juni 2013 Kepala Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI Ny. Siti Nurdjanah, SH., MH membuka kegiatan diklat Bendahara Angkatan II Mahkamah Agung RI dan Badan Peradilan di bawahnya didampingi oleh Kepala Pusdiklat Manajemen dan Kepemimpinan Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI, Dr. Tin Zuraida, SH., M.Kn dan yang mewakili Kepala Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan Kementrian Keuangan RI.

 

Pembukaan diawali dengan laporan penyelenggaraan oleh Kepala Pusdiklat Menpim. dalam laporannya disampaikan bahwa pemerintahan yang bersih dan baik menuntut para pengelola keuangan Negara untuk dapat bekerja sesuai dengan tuntutan masyarakat yang semakin kritis dan transparan dalam proses penyelenggaraan pemerintah, maka diperlukan peningkatan kualitas dan profesionalitas aparatur Negara khususnya Bendahara Pengeluaran. Diklat ini diselenggarakan berdasarkan adanya kebutuhan tenaga keuangan Bendahara Pengeluaran yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap yang baik dalam melaksanakan, menatausahakan, dan mempertanggungjawabkan pengelolaan DIPA satuan kerja sesuai dengan peraturan yang berlaku. Kegiatan diklat ini diikuti oleh 35 Peserta, terdiri dari 5 peserta dari Mahkamah Agung RI, 10 peserta dari Peradilan Agama, 14 peserta dari Peradilan Umum dan 6 peserta dari Peradilan Militer dan TUN, berdasakan Surat Keputusan Kepala Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI Nomor : 783/Bld/SK/VI/2013 tanggal 10 Juni 2013 tentang Penetapan Peserta Pendidikan dan Pelatihan Bendahara Angkatan II Mahkamah Agung RI dan Badan Peradilan di bawahnya Tahun Anggaran 2013.

Penyelenggaraan diklat bertemat di Kampus Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI selama 16 (enambelas) hari, mulai tanggal 17 Juni s.d 03 Juni 2013 dengan penanggungjawab kegiatan adalah Kepala Pusdiklat Manajemen dan Kepemimpinan Balitbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI. Materi diklat terdiri dari 9 (Sembilan) mata ajar, yaitu :

  1. Pengelolaan Uang Persediaan
  2. Pengujian dan Pembayaran Tagihan
  3. Perpajakan Bendahara Pengeluaran
  4. Pembukuan Bendahara Pengeluaran
  5. Pelaporan dan Pertanggungjawaban Bendahara Pengeluaran
  6. Sistem Penerimaan dan Pengeluaran Negara
  7. Etika Profesi Bendahara
  8. Ceramah Pemberantasan Korupsi & Penyelesaian Kerugian Negara
  9. Ceramah Kebijakan APBN

Penyampaian materi diklat tersebut disampaikan oleh Widyaiswara/Narasumber yang berasal dari Pusdiklat Keuangan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Anggaran dan Perbendaharaan Kementrian Keuangan RI.

Acara dilanjutkan dengan sambutan pembukaan oleh Kepala Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI. Dalam isi sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan diklat bendara ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi serta profesionalitas Bendahara Pengeluaran dalam mengelola Pengelolaan DIPA di unit kerja masing-masing sesuai dengan perkembangan dan ketentuan yang berlaku, agar prinsip-prinsip tersebut dapat ditegakan pada seluruh instansi/lembaga pemerintah pusat maupun daerah serta Lembaga Yudikatif yaitu Mahkamah Agung RI melalui pendidikan dan pelatihan bendahara yang diselenggarakan oleh Pusdiklat Manajemen dan Kepemimpinan Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI yang bekerja sama dengan Pusdiklat Keuangan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Anggaran dan Perbendaharaan Kementrian Keuangan RI dengan harapan agar dapat mempersiapkan aparatur PNS di Lingkungan Mahkamah Agung RI yang memiliki kompetensi dalam menerima, menyimpan, membayarkan, menatausahakan dan mempertanggungjawabkan uang persediaan untuk keperluan belanja Negara dalam rangka pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Pembukaan diklat ditutup dengan pembacaan doa, dengan harapan semoga pelaksanaan Diklat Bendahara Angkatan II ini dapat berjalan dengan baik dan lancar sampai akhir kegiatan.