A+ A A-

Manfaat Lain Penggunaan E-Learning

Jakarta, litbangdiklatkumdil.net - Selain membantu efektifitas proses pembelajaran saat pelaksanaan pendidikan dan pelatihan, penggunaan e-learning atau pembelajaran elektronik juga memiliki manfaat lebih, seperti mengurangi penggunaan kertas, efisiensi dan efektifitas proses penilaian serta memaksa peserta pelatihan untuk tidak gaptek (gagap teknologi). Ungkap, Kepala Badan Litbang Diklat Kumdil, Ny. Siti Nurdjanah, SH., MH., saat memberikan pengarahan dalam Lokakarya Pengembangan E-Learning Mahkamah Agung RI (EL-MARI), Jakarta, Rabu (08/04). “Adanya e-learning sudah sangat efisien dalam penggunaan kertas dan mendorong peserta untuk melek teknologi”.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Badan mengingat Pusat Pendidikan dan Pelatihan Teknis Peradilan Mahkamah Agung RI telah menerapkan pengisian pre-test, post-test, evaluasi materi dan pengajar, evaluasi penyelenggaraan diklat dan unggah materi pembelajaran melalui media EL-MARI sejak awal tahun 2015.

E-learning Mahkamah Agung RI yang diluncurkan sejak Mei 2014 oleh Ketua Mahkamah Agung RI, merupakan salah satu implementasi program prioritas Mahkamah Agung yang tertuang dalam Blueprint 2010-2035 dibidang Pengembangan Teknologi Informasi. Latar belakang pengembangan EL-MARI adalah menguruangi gap antara kemampuan Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI memanggil aparatur peradilan mengikuti pelatihan dengan jumlah aparatur peradilan yang di seluruh indonesia yang berjumlah + 35.000 orang, melalui program pembelajaran jarak jauh.

Oleh karena itu, Kepala Badan Litbang Diklat Kumdil mengingatkan bagi seluruh peserta Lokakarya untuk meningkatkan penggunaan EL-MARI semaksimal mungkin dalam pelaksanaan pendidikan dan pelatihan. Karena media ini tidak dibatasi oleh ruang dan waktu.

Lokakarya yang dilaksanakan selama 1 hari ini adalah merupakan kerjasama Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI dengan Proyek Changes for Justice (C4J) – USAID. Diikuti sebanyak 25 orang yang terdiri dari Pejabat Eslon II, Eselon III, Hakim Tinggi, Widyaiswara dan Tim Pengelola EL-MARI Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI.

lokakarya_elmari_1
lokakarya_elmari_2
lokakarya_elmari_3
1/3 
start stop bwd fwd

Renstra 2010-2014

Rencana dan Strategi 2010-2014

Brosur

Brosur Badan Litbang Diklat Kumdil    Brosur Perpustakaan Khusus

e-Library

www.perpustakaan.litbangdiklatkumdil.net

Sign In