A+ A A-

Membangkitkan Komitmen Untuk Membangun Sistem Manajemen Mutu Yang Efektif

Bogor, litbangdiklatkumdil.net – Tuntutan zaman yang semakin meningkat mengharuskan Pusdiklat untuk lebih peduli terhadap mutu diklat, makan Penerapan sistem manajemen mutu merupakan sebagian dari jawaban atas tuntutan terhadap isu mutu untuk pelaksanaan program kegiatan yang efektif dan meningkat secara berkesinambungan. Pelatihan mengenal ISO 9001:2008 merupakan tahapan penting dalam perjalanan menuju pembangunan dan penerapan yang efektif, tutur Kepala Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI, Ny. Siti Nurdjanah, SH., MH saat membuka kegiatan Pelatihan ISO 9001:2008 pada Pusdiklat Manajemen dan Kepemimpinan Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI Tahun Anggaran 2014 yang telah diselenggarakan selama 7 (tujuh) hari yang dilaksanakan secara bertahap, tahap I pada tanggal 07 dan 08 Oktober, tahap II pada tanggal 14, 15 dan 16 Oktober dan tahap III pada tanggal 21 dan 22 Oktober 2014 yang bekerjasama dengan lembaga TUV Nord Indonesia.

Sementara itu, Kepala Pusdiklat Manajemen dan Kepemimpinan Badan Litbang Diklat Kumdil MA-RI pada laporannya menyampaikan bahwa Tujuan dari Pelatihan ISO 9001:2008 ini yang Pertama untuk memberikan pemahaman dan pengertian Sistem Manajemen Mutu beserta manfaat dan penerapannya, Kedua untuk mengetahui tata cara dan persyaratan dalam penyusunan Dokumen ISO 9001:2008, dan Ketiga peserta dapat memahami tata cara dan mengevaluasi pelaksanaan internal audit dan penerapannya. Kemudian Kapusdiklat Menpim berharap diakhir tahun 2014 ini Pusdiklat Manajemen dan Kepemimpinan Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI dapat meraih sertifikasi ISO 9001:2008.

ISO 9001:2008 adalah standar international sistem manajemen mutu yang dapat diterapkan dalam setiap jenis organisasi. Dengan menerapkan standar ini, suatu organisasi akan dapat mengelola sumberdayanya secara baik dan menghasilkan keluaran sesuai harapan pelanggannya. Manfaat lain adalah adanya peningkatan berkelanjutan dengan fokus pada kepuasan pelanggan.

iso1
iso2
iso3
iso4
1/4 
start stop bwd fwd

Hal-hal prinsip yang terdapat pada ISO 9001:2008 adalah:

  1. Kepemimpinan oleh manajemen puncak yang berfokus pada kepuasan pelanggan;
  2. Pengelolaan proses yang konsisten dan ditingkatkan secara terus menerus;
  3. Pengelolaan fungsi-fungsi pendukung proses;
  4. Pengendalian dokumen.

Metode pelatihan diberikan dalam bentuk metode kuliah dan lokakarya terdiri dari kasus-kasus, materi disajikan dalam bahasa Indonesia, objek studi kasus berasal dari organisasi peserta pelatihan, setiap kasus diselesaikan secara kelompok dan dipresentasikan. Pelatihan ISO 9001:2008 ini diikuti oleh 30 (tiga puluh) peserta yang kesemuanya berasal dari Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI Berdasarkan Surat Keputusan Kepala Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI Nomor : 02/BLD/SK/I/2014 tanggal 7 Januari 2014 Tentang Penyelenggaraan Diklat ISO 9001:2008 dan Penunjukan Penanggungjawab Kegiatan Diklat pada Pusdiklat Manajemen dan Kepemimpinan ditetapkan bahwa Kepala Pusdiklat Manajemen dan Kepemimpinan Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI selaku penanggung jawab dan pelaksanaannya bertempat di Kampus Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI, Jalan Cikopo Selatan, Desa Sukamaju, Kp. Pasir Kaliki, Kec. Megamendung Kabupaten Bogor. (fan)

Kegiatan Diklat Menpim Saat Ini

Brosur

Brosur Badan Litbang Diklat Kumdil    Brosur Perpustakaan Khusus

e-Library

www.perpustakaan.litbangdiklatkumdil.net

Sign In