A+ A A-

Menjadi Pemimpin Perubahan Yang Inovatif Dan Berintegritas

Penyelenggaraan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV merupakan amanah dari Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2000 Tentang Diklat Jabatan PNS. Dalam Peraturan Pemerintah ini telah ditetapkan bahwa Pegawai Negeri Sipil yang telah atau akan duduk dalam jabatan struktural eselon IV dituntut untuk mengikuti Diklat Kepemimpinan Tingkat IV. Adapun peraturan teknis peenyelenggaraan Diklat kepemimpinan Tingkat IV diatur dalam Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 13 Tahun 2013 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV. Dalam peraturan ini diatur tentang kompetensi apa yang akan dibangun, dan bagaimana caranya mencapai kompetensi tersebut. Demikian seperti yang disampaikan Kepala Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI, Ny. Siti Nurdjanah, SH., MH, dalam sambutan pembukaannya pada acara Pembukaan Diklatpim Tingkat IV Angkatan VI Tahun Anggaran 2015, hari Senin, 27 Juli 2015.

Mengawali laporan penyelenggaraan diklat, Kepala Pusdiklat Manajemen dan Kepemimpinan, Dr. Tin Zuraida, SH., M.Kn menyampaikan tentang tujuan diklatpim Tingkat IV adalah mengembangkan kompetensi kepemimpinan pejabat struktural eselon IV yang akan berperan dalam melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan di instansinya masing-masing. Dengan demikian, maka sasaran penyelenggaraan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV adalah dihasilkannya Pegawai Negeri Sipil yang memiliki kemampuan memimpin pada jenjang jabatan struktural eselon IV. Kemampuan memimpin tersebut diwujudkan dengan kemampuannya dalam memimpin perubahan di unit kerjanya. Perubahan ini hanya dapat terwujud jika pejabat struktural tersebut mampu menetapkan area dan fokus perubahan, lalu kemudian mempengaruhi dan memobilisasi stakeholdernya mendukung perubahan tersebut. Untuk penyelenggaraan Diklatpim IV Pola Baru ini mulai dilaksankanan dari tanggal 26 Juli s.d 27 Nopember 2015 yang diselenggarakan di Pusdiklat Mahkamah Agung RI, Jl. Cikopo Selatan, Kp. Pasirkaliki, Ds. Sukamaju, Kec. Megamendung, Kab. Bogor, dengan jumlah peserta sebanyak 36 orang.

Setelah acara pembukaan selesai dilanjutkan dengan Pengarahan Program dari Lembaga Administrasi Negara RI yang disampaikan oleh Kepala Pusdiklat Kepemimpinan Aparatur Nasional, Dra. Purwastuti, MBA. Dalam pemaparannya menyaimpaikan bahwa untuk mencapai kompetensi kepemimpinan operasional, struktur kurikulum Diklat Kepemimpinan Tingkat IV terdiri atas lima tahap pembelajaran yaitu: 1) Tahap Diagnosa Kebutuhan Perubahan Organisasi; 2) Tahap Taking Ownership; 3) Tahap Merancang Perubahan dan Membangun Tim; 4) Tahap Laboratorium Kepemimpinan; dan 5) Tahap Evaluasi.

Pelaksanaan tugas pada jabatan struktural eselon IV baik pada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah hanya dapat berlangsung secara efektif dan efisien apabila pejabat struktural yang menduduki jabatan tersebut memiliki kompetensi yang dipersyaratkan oleh jabatan struktural eselon IV. Kompetensi ini diindikasikan oleh kemampuan pejabat struktural eselon IV tersebut dalam tiga ranah, yaitu :

  1. Kemampuan dalam menguasai secara teknis bidang tugasnya;
  2. Kemampuan dalam menerapkan kode etik yang dituntut oleh bidang tugasnya, dan;
  3. Kemampuan dalam menunjukkan komitmen dalam pelaksanaan tugas jabatannya.

Kombinasi ketiga kemampuan inilah yang membangun profesionalisme pada masing-masing pejabat struktural eselon IV. Salah satu unsur saja yang tidak dimiliki, maka sulit bagi pejabat struktural eselon IV tersebut dikategorikan sebagai pejabat struktural eselon IV yang profesional.

Pada hari Kamis, tanggal 30 Juli 2015 diadakan kegiatan Visitasi untuk Mata Diklat Pilar-pilar kebangsaan dan Integritas, yang bertempat di Monumen dan Museum PETA (Pembela Tanah Air), Jalan Jendral Sudirman Nomor 35 Bogor - Jawa Barat dengan tujuan kegiatan untuk membekali para peserta Diklatpim IV  dalam penguasaan diri yang baik, sehingga peserta dapat meningkatkan diri sebagi pemimpin perubahan dan menambah rasa kebangsaan, jiwa patriot dan nasionalisme serta menjunjung tinggi nilai integritas. (fan)

1
2
3
4
5
6
7
1/7 
start stop bwd fwd

Kegiatan Diklat Menpim Saat Ini

- - -

Brosur

Brosur Badan Litbang Diklat Kumdil    Brosur Perpustakaan Khusus

e-Library

www.perpustakaan.litbangdiklatkumdil.net

Sign In