A+ A A-

Upgrading Peningkatan Kompetensi Pembantu Peneliti dan Pengolah Data dalam Pelaksanaan Kegiatan Penelitian 2015

Jakarta, litbangdiklatkumdil.net – Selasa  10 Maret 2015, Puslitbang Kumdil mengadakan Kegiatan Upgrading ketiga di awal Tahun Aggaran 2015 dengan topik Peningkatan Kompetensi Pembantu Peneliti dan Pengolah Data dalam Pelaksanaan Kegiatan Penelitian. Kegiatan Upgrading ketiga ini dilaksanakan di lingkungan Badan Litbang Diklat Kumdil di Megamendung,  tanggal 04 - 06 Maret 2015. Peserta Kegiatan Upgrading ini dihadiri oleh semua Pembantu Peneliti dan Pengolah Data yang ikut dalam Kegiatan Penelitian Puslitbang di Tahun 2015 yang terdiri dari 22 judul, dimana 3 Judul penelitian adalah Penelitian Lapangan dan 19 Judul adalah Penelitian Pustaka.

Upgrading dibuka oleh Ibu Kepala Balitbang Diklat Kumdil Siti Nurdjanah, SH., MH dan kata pengantar oleh Kepala Puslitbang Kumdil Prof. Dr. Basuki Rekso W, SH., MS. Dalam kegiatan Upgrading ini Puslitbang Kumdil turut mengundang sebagai narasumber adalah Nalom Kurniawan, SH., MH Peneliti Puslitbang Mahkamah Konstitusi RI dan Arfan Faiz Mukhlizi, SH., MH Kasub Fasilitas Jafung Peneliti Puslitbang BPHN. Kegiatan Upgrading ini diadakan untuk memberikan penjelasan fungsi dan tugas Pembantu Peneliti dan Pengolah Data dalam kegiatan penelitian Puslitbang Kumdil. Kedua Narasumber ini sudah berpengalaman di dalam berbagai kegiatan penelitian sehingga dengan penjelasan dan pencerahan dari narasumber diharapakan Pembantu Peneliti dan Pengolah Data dapat saling berkoordinasi sehingga kegiatan penelitian dapat berjalan sesuai kerangka waktu dan memperoleh hasil yang ingin dicapai.

Kegiatan penelitian Puslitbang ini sangat bergantung kepada kemampuan Pembantu Peneliti dan Keahlian Pengolah Data. Pembantu Peneliti harus bisa mengakomodir apa yang menjadi keinginan Koordinator dan Peneliti. Selain itu pembantu Peneliti juga harus dapat menterjemahkan kemauan peneliti dalam proses penyelesaian hasil kegiatan Penelitian. Pengolah Data juga memegang peranan penting di dalam memproses data dan informasi yang diperoleh oleh Pembantu Peneliti sehingga menjadi hasil yang sesuai dengan target yang ingin dicapai. Tidak mudah untuk mengolah data yang mana beragam data dan informasi yang begitu banyak dikelola sedemikian rupa sehingga dapat dengan mudah dibaca dan mengandung informasi yang dibutuhkan dalam penelitian.

upgrading_3-1
upgrading_3-2
upgrading_3-3
upgrading_3-4
upgrading_3-5
upgrading_3-6
1/6 
start stop bwd fwd

Kegiatan Litbang Saat Ini

- - -

Studi Banding

Laporan Joint Study Capacity Building for Indonesia Judge II

12/04/2013

Joint-Study merupakan kerja sama Mahlkamah Agung RI dengan Pemerintah Jepang dalam rangka mencari dan menemukan...

Brosur

Brosur Badan Litbang Diklat Kumdil    Brosur Perpustakaan Khusus

e-Library

www.perpustakaan.litbangdiklatkumdil.net

Sign In