A+ A A-

FGD Proposal Penelitian Efektifitas Pengajuan Perkara di Pengadilan Agama Secara Paperless dan Menggunakan Teknologi Informasi

Jakarta, litbangdiklatkumdil.net - Kamis tanggal 09 April 2015, Puslitbang Kumdil mengadakan Seminar Focus Group Discussion di Gedung Sekretariat Mahkamah Agung jalan Jend. Ahmad Yani dalam rangka presentasi Proposal Kegiatan Penelitian yang dikoordinatori oleh Hakim Yustisial Candra Boy Seroza, S. Ag., M. Ag dengan judul Efektifitas Pengajuan Perkara di Pengadilan Agama Secara Paperless dan Menggunakan Teknologi Informasi.

 

Sebagai sebuah sistem kerja yang relatif baru, pengajuan perkara secara paperless patut diteliti lebih lanjut, terutama berkaitan dengan aspek legalitas, tujuan dan sasaran yang hendak dicapai, penatakelolaan (hardware, software dan brainware), tingkat kemanfaatan bagi internal pengadilan, tingkat efisiensi, tingkat pemanfaatan dan kebutuhan pencari keadilan (persepsi dan respon terhadap sistem), pendanaan/penganggaran, serta sisi kenyamanan dan keamanan sistem. Tingkat efektivitas penggunaan teknologi informasi secara umum di Pengadilan Agama se-wilayah  Pengadilan Tinggi Agama perlu diteliti lebih lanjut yang mana sampai saat ini belum tersedia data yang akurat dan komprehensif untuk mendeskripsikan tingkat penerapan dan pengaruhnya terhadap visi dan misi lembaga peradilannya.

Dalam presentasi Proposal Penelitian ini bertindak sebagai moderator adalah Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Kumdil Prof. Dr. Basuki Rekso W, SH., MS. Dalam FGD Proposal ini turut hadir peserta undangan dari usalan Koordinator yaitu Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama H. Ahsin AH; Ketua PA Jakarta Barat Drs. Abd. Hakim, MHI; Ketua PA Jakarta Selatan Dr. H. Imron Rosyadi, SH., MH; Ketua PA Jakarta Timur Drs. H. Zulkarnain, SH., MH; Ketua PA Jakarta Pusat Dra. Hj. Rokhanah, SH., MH; Hakim Yustisial MA-RI Asep Nursobah, S. Ag., MH; Panmud Gugatan PA Jakarta Selatan Muhammad Hambali, SH; Kasubbid Tata Kelola Ditjen Badilag Umiyati, SH., MH; Kasi Statistik Ditjen Badilag Tohir, SH., MH; Kasi Bimbingan Ditjen Badilag Subeno Tri Leksono, SH., MM; Ketua Timnas SIADPA PLUS Irwansyah, SH., MH; Anggota Timnas SIADPA PLUS Dika Adrian, S. Kom.

fgd_awal_pen09_pa_paperless-1
fgd_awal_pen09_pa_paperless-2
fgd_awal_pen09_pa_paperless-3
1/3 
start stop bwd fwd

Kegiatan Litbang Saat Ini

- - -

Studi Banding

Laporan Joint Study Capacity Building for Indonesia Judge II

12/04/2013

Joint-Study merupakan kerja sama Mahlkamah Agung RI dengan Pemerintah Jepang dalam rangka mencari dan menemukan...

Brosur

Brosur Badan Litbang Diklat Kumdil    Brosur Perpustakaan Khusus

e-Library

www.perpustakaan.litbangdiklatkumdil.net

Sign In